Sedekah Cuma Rp.1000,

Sedekah Rp.1000,-

Mungkin anda tahu berapa banyak uang Rp.1000,-  kalau di daerah Jakarta mungkin hanya cukup beli 1 (satu) tahu goreng atau paling cuma dapet 2 (dua). Mungkin untuk sebagian besar orang, tidak cukup untuk makan dua tahu goreng sampai kenyang. Memang kalau berpikir kalau tidak ada Rp.1000,- tentunya tidak akan ada 1 juta rupiah, 1 milyar atau bahkan 1 trilyun.

Nah dari itu saya melihat mengapa kebanyakan orang memberikan sedekah kepada rumah ibadah, pengemis, fakir miskin hanya Rp.1000,- aja?, pada kenyataannya dia makan saja tidak cukup dengan Rp.1000,-. Padahal sudah begitu banyak berkah rezeki yang telah diberikan oleh Sang Pencipta Allah SWT kepada manusia untuk dapat bertahan hidup di dunia ini, tapi kenapa masih ada orang yang bersedekah cuma Rp.1000,-?  Kalau untuk kepentingan pribadi atau hidup pastilah mereka rela mengeluarkan uang lebih dari Rp.1000,-. Saya prihatin dengan keadaan ini, kadang saya merasa jengkel melihat orang seperti ini.

Allah SWT pun telah menjanjikan akan memberikan ganjaran atau balasan yang berlipat bahwa bagi orang-orang yang bersedekah, tetapi kenapa masih ada orang bersedekah hanya Rp.1000,- saja? Jangan cukup bersedekah hanya Rp.1000,- kepada anak yatim, pengemis, rumah ibadah (mesjid), fakir miskin dan orang-orang yang membutuhkan. Berikanlah sedekah dengan porsi seimbang  atau lebih dari apa yang telah kita dapat dari Allah SWT, karena Allah SWT akan memberikan ganjaran yang setimpal bagi orang-orang yang bersedekah.

Ayo teman-teman… janganlah kita menjadi orang yang termasuk bersedekah hanya Rp.1000,- …!!! tapi bersedekahlah berkali kali lipat dari Rp.1000,-. Bersedekahlah setiap hari … karena kita makan pun setiap hari tiga kali. Kita tidak akan jatuh miskin apabila bersedekah, justru kita akan menjadi kaya dengan bersedekah.

Telah banyak manfaat yang kami rasakan dengan bersedekah, sungguh luar biasa , Allah SWT memberikan balasan berkali kali lipat. Sedekah juga merupakan wujud syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan segalanya bagi kita.

Ayo kita gerakan diri kita dengan sedekah setiap hari dengan apapun tidak harus dengan uang, tetapi dengan apapun yang kita punya dan kita dapat beri. Mulailah hari ini… dan seterusnya … Mudah-mudahan segala amal kebaikan kita semua mendapatkan balasan dari Allah SWT.. amien..

About these ads

12 thoughts on “Sedekah Cuma Rp.1000,

  1. saya kurang setuju dengan beberapa statement yang anda tulis tentang memberi pengemis lebih dari Rp 1000,-

    Kenapa pengemis saja? Saya sebagai orang Islam belajar tentang keharusan kita untuk sekah ke siapapun. Tapi pengemis? Bukannya mengemis itu dilarang agama ya? dan apakah kita mau menjadi orang yang mendukung mental mengemis?

    Saya pribadi sedikit merasa tidak nyaman kalo memberikan uang ke pengemis -terutama yang di pinggir jalan- karena saya tau mereka sebenernya banyak yang dimonopoli oleh preman2. Jika kita semua stop memberi uang kepada pengemis all at the same time, saya yakin mental mengemis kita yang sudah mengakar sampe lantai basement 10000000 bisa pelan-pelan dihilangkan.

    Tapi saya setuju 100% kalo sedekah itu jangan pelit2. terutama yang jalurnya bisa dipastikan aman. :D

    • makasih udah mampir..
      setiap orang bersedekah itu harus dengan hati yg ikhlas
      kepada siapapun anda dapat bersedekah asalkan dengan niat baik
      yang penting adalah niat ikhlas anda memberi sedekah kepada orang lain…
      kalau seseorang yg kita berikan sedekah diselewengkan atau disalahgunakan, itu semua adalah urusan dia dengan Allah SWT
      yang terpenting adalah kita sudah ikhlas… kalau ihklas adalah dia sudah tidak akan ingat2 lagi yg ia sedekahkan..

  2. kunjungan perdana di pagi hari. untuk masalah pemberian sedekah saya lebih fokus kepada anak yatim, rumah ibadah (mesjid), fakir miskin. untuk pengemis, saya tidak memberi karena saya tidak merasa nyaman dengan keberadaan mereka, dan mungkin dengan saya tidak memberi sedikitpun sedekah kepada pengemis, mungkin mereka lama-lama akan bosan menjadi pengemis.

  3. Yang saya tau, Allah SWT menyuruh kita untuk bersedekah SEIKHLASNYA.

    Artikel Anda bagus. Hanya saja saya kurang setuju dengan kalimat “kadang saya merasa jengkel melihat orang seperti ini”. Allah SWT saja tidak pernah menyebutkan bahwa akan marah ketika kita menyedekahkan harta yang bahkan bagi orang seperti kita itu tidak seberapa. :)

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s