Apakah Anda Cocok Menjadi Pebisnis?

peluang-usaha-bisnis

Postingan kali ini bagi saya sangatlah menarik, karena bisa bermanfaat untuk kita yang ingin memulai bisnis atau ingin tetap bekerja disebuah perusahaan. Saya mendapatkan daftar pertanyaan ini dari sebuah buku “Jangan Takut Mulai Bisnis”. Sebelum berbisnis ada baiknya kita melihat apakah tipe anda seorang pegawai atau pebisnis.

Berikut ini ada enam pertanyaan yang harus anda simak :

1. Apakah Anda Seorang Individualistis?

Pebisnis biasanya suka bekerja di rumah dulu sebagai freelancer yang tidak terikat jam kerja. Asalkan bisa mengatur waktu dengan baik, mereka bisa jadi sangat sukses.

2. Apakah Anda Cepat Bosan?

Pebisnis tidak suka pekerjaan yang monoton dan lebih suka menciptakan sendiri pekerjaan baru yang menantang. Mereka suka bertemu orang baru, lingkungan baru, lingkungan baru dan kolega baru.

3. Apakah Anda tertarik akan keterampilan baru?

Karena dorongan untuk mendapatkan proyek baru yang lebih menantang, seorang pebisnis akan selalu lapar untuk memperluas dan memperdalam keterampilannya.

4. Apakah Anda ingin berkesinambungan antara kerja dan kehidupan pribadi?

Makin besar keinginan anda akan keseimbangan tersebut, makin besar bakat anda untuk menjadi pebisnis. Dengan berbisnis, anda lebih bebas mengatur waktu untuk urusan bisnis dan keluarga.

5. Apakah Anda tak suka dengan politik kantor?

Tipe pebisnis tidak peduli dan lebih suka memfokuskan diri pada pekerjaan yang produktif. Pebisnis tidak suka terlibat dalam “politik kantor” untuk mencapai posisi lebih tinggi, tetapi cukup fleksibel mengikuti permainan “politik” di kantor konsumennya.

6. Bisakah cara yang Anda tempuh menghidupi Anda?

banyak yang setelah berbisnis malah pendapatannya turun! Oleh karena itu, tanyakan pada diri sendiri berapa yang harus di hasilkan untuk mencukupi kebutuhan hidup? Paling sedikit hasilnya sama dengan gaji terakhir anda atau cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Ini Dia Jawabannya !!!!

Jika anda menjawab “Tidak” untuk salah satu pertanyaan, sayangnya belum cukup mengukuhkan anda menjadi seorang Pebisnis. Satu jawaban “Tidak” dapat menjadi duri dalam daging sehingga suatu saat anda menyesali jalan panjang nan berliku yang anda tempuh. Jawab “Ya” dengan mantap untuk keenam pertanyaan tersebut dengan sikap berjuang. Kemudian anda bertanya, adakah solusi jika saya jawab “Tidak” untuk salah satu pertanyaan? Solusinya adalah cari seorang patner bisnis yang mampu menutupi kekurangan anda tersebut sehingga dapat bersama-sama membangun bisnis yang menguntungkan. Jangan biarkan hambatan kecil mengurungkan niat anda berbisnis… Gunakan keenam pertanyaan tersebut sebagai alat penuntun dalam pembentukan mental seorang pebisnis.

Semoga bermanfaat…

18 thoughts on “Apakah Anda Cocok Menjadi Pebisnis?

  1. saya suka pada artikel diatas. sedikit tambahan dari sy: pada dasarnya manusia diciptakan utk hidup dibumi utk melakukan 2hal, yaitu berusaha dan beribadah. jika manusia sukses ke2nya, maka sempurnalah dia. saya pribadi menyukai berusaha. arti dari berusaha adlah melakukan sesuai kmampuan/pikiran/hobi utk menghasilkan sesuatu yg dapat ditukar dng uang agar kehidupan bisa brjalan dng seimbang. saya pribadi lebih menyukai berbisnis dari pada menjadi karyawan. krna sy bisa memilih bisnis yg sy suka dan sy bisa lakukan dgn snang hati tanpa terbebani seperti sedang menyalurkan hobi. klo urusan brhasil/tidak, dan pendapatan sedikit/banyak mnurut sy sdah diatur oleh Alloh yg Maha menentukan. kalau menjadi karyawan, yg tidak sy suka misalnya kurang dihargai kemampuan atau jerih payah slama bekerja oleh atasan. cuma itu masukan dari sy. semoga dilain waktu sy bisa mengomentari dalam berbagai hal yg jadi topik pembicaraan. untuk artikel diatas sy menjawab YA semuanya. meskipun ilmu,keahlian dan kemampuan sy sangat minim sekali…. he he he

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s